Mau dilamar pacar, tapi belum siap nikah, gimana?

KuliahCinta

Saat ini saya menjalin kasih (pacaran) dengan seseorang, sebut saja B. Hubungan kami sudah berjalan kurang lebih 6 bulan. Dan Alhamdulillah perilaku kami tidak menjurus ke hal2 yang negatif (karena kami sering menghabiskan waktu di rumah, dan ada orang tua). Dia merencanakan untuk meng-khitbah saya dalam waktu dekat ini. Saya senang mendengar berita itu, tapi saya takut saya tidak siap. Lagipula saya masih menyimpan cinta untuk seseorang, sebut saja R. Pernah saya berharap R yang datang pertama untuk meng-khitbah saya. Saya juga sudah pernah istikharah, dan yang muncul dalam mimpi saya adalah R. Tapi waktu itu saya memikirkan dia.

Apa yang muncul di mimpi saya itu adalah jodoh saya? Jika iya, apa yang harus saya lakukan, karena saya tidak mau menyakiti H?? Lalu jika H memang benar datang meng-khitbah saya, apa yang sebaiknya saya lakukan?? KArena saya takut tidak siap & takut kalo dia bukan jodoh saya??

Mohon segera diberi solusi yang terbaik buat saya.

1) Mimpi itu tidak selalu pertanda jodoh terbaik, walaupun terjadi setelah istikharah. Karena sebelum bemimpi itu kau memikirkan R dengan mendalam, maka mimpimu tersebut menurutku hanyalah bunga tidur.

2) Untuk mengatasi masalah takut belum siap nikahmu, kita perlu lebih dulu mengenali apakah ketakutanmu atau kebelumsiapanmu ini bersifat obyektif ataukah subyektif. Untuk itu, silakan periksa halaman "Kriteria Siap Nikah".

Apabila sebagian besar dari kriteria-kriteria itu sudah terpenuhi, maka ketakutanmu ini mungkin bersifat subyektif, bersumber dari dalam dirimu. Untuk mengatasinya, amalkanlah doa/zikir yang relevan sebagaimana kupaparkan di buku Doa & Zikir Cinta.

Namun jika sebagian besar dari kriteria-kriteria itu belum terpenuhi, maka kebelumsiapanmu ini cenderung bersifat obyektif, bersumber dari luar dirimu. Untuk mengatasinya, mintalah kepada pacarmu supaya menunda dulu rencananya untuk meminang dirimu. Mintalah waktu secukupnya untuk memenuhi sebagian besar dari kriteria-kriteria itu.***

© 2012 M Shodiq Mustika. Boleh membajak isi Kuliah Cinta kalau diizinkan oleh ahli waris pemilik hak cipta.